Resep cara membuat opor ayam kampung enak istimewa

Makanan tradisional memang terasa lebih nikmat, apalagi dihidangkan saat acara penting seperti hari raya, arisan, pertemuan keluarga atau resepsi pernikahan. Pada ulasan ini akan membahas mengenai resep opor ayam kampung yang merupakan sajian enak dan banyak disukai masyarakat. Terlebih saat Idul Fitri, masakan tersebut wajib ada di meja makan setiap keluarga, terutama yang ada di Pulau Jawa. Pamor dari kelezatannya sudah tidak perlu diragukan lagi dan telah terkenal sejak dahulu. Bahkan tak sedikit orang yang menjadikannya sebagai favorit.

Resep Opor Ayam Kampung

Cara Membuat Opor Ayam Kampung Enak

Seperti yang diketahui kalau resep opor ayam kampung berbeda-beda pada beberapa daerah dan masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri. Kuahnya yang kental terbuat dari santan, rempah-rempah dan kaldu yang pas. Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya memang cukup lama, apalagi bila anda memakai ayam kampung yang memiliki tekstur liat. Tapi setelah melewati proses pemasakan yang benar, dagingnya akan menjadi sangat gurih dan sedap. Tak hanya itu, penambahan ebi ke dalamnya akan membuat opor ini semakin istimewa, sehingga penikmatnya pun merasa ketagihan.

Untuk memaksimalkan pembuatan resep opor ayam kampung, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu :
Nah, berikut adalah resep opor ayam kampung :
Bahan:
Bumbu Halus:
Cara Pembuatan Resep Opor Ayam Kampung, yaitu:
  1. Pertama anda panaskan minyak goreng diatas wajan terlebih dahulu;
  2. Bumbu halus ditumis sampai tercium bau harum;
  3. Dimasukkan ebi. Diaduk sebentar kemudian ditambahkan serai, lengkuas, daun salam dan jahe, lalu ditumis hingga matang;
  4. Dimasukkan potongan ayam kampung yang telah direbus sebelumnya;
  5. Diaduk sampai bahan meresap ke dalam daging;
  6. Tambahkan santan, gula pasir dan garam secukupnya;
  7. Dimasak sampai ayam menjadi empuk;
  8. Diangkat dan dimasukkan ke dalam wadah;
  9. Ditambahkan bawang goreng diatasnya;
  10. Sajikan.
Nah demikian resep opor ayam kampung. Saat anda melihat begitu banyak bahan mungkin sudah terpikirkan akan begitu repot sekali, tapi ternyata setelah mulai membuatnya tidak serumit yang anda bayangkan. Apalagi buatan tangan sendiri, pasti lebih terasa puas ketika menyantapnya disaat berkumpul bersama keluarga. Untuk menambah kenikmatan acara santap, biasanya disajikan bersama lontong atau ketupat. Ada pula yang menyandingkannya dengan sambal goreng hati. Semua orang akan lahap memakan menu istimewa ini, apalagi dihidangkan di acara yang juga spesial.

Label: ,